November 22, 2019

Berawal Dari Sebuah Dendam, Aku Menjadi Seorang Blogger

Berawal Dari Sebuah Dendam, Aku Menjadi Seorang Blogger. Dendam merupakan sebuah luapan emosi ketika kita menghadapi suatu masalah, dan masalah apapun tentunya akan menguras waktu dan pikiran kita dalam menyelesaikannya, namaku M Sahlan atau biasanya lebih enak disapa qbenk, bungsu dari tiga bersaudara, lahir dan besar di kota pontianak, hidup dalam keluarga yang serba kekurangan membuat aku tumbuh dan besar dilingkungan yang sama yaitu orang-orang yang hidupnya kekurangan, Alm bapak seorang tukang bangunan, dan ibu seorang pedagang kecil-kecilan yang merangkap menjadi tukang cuci dirumah tetangga.

Masa kecil yang serba kekurangan tidak menjadikan kedua orang tuaku lupa akan pendidikan anak-anaknya, walaupun sering meminjam uang ke tetangga untuk biaya sekolah tetapi kami tetap semangat untuk terus berjuang dalam dunia pendidikan, hingga akhirnya dengan mulus menyelesaikan pada jenjang SMA, selesai tamat sekolah, kerja adalah tujuan utama, tetapi sulitnya lapangan kerja saat itu membuat aku kesulitan mendapatkan kerja yang layak, akhirnya pilihan menjadi kuli bangunan adalah yang terbaik. Selain menjadi kuli bangunan aku juga terlibat ngumpul dengan anak gank, lumrah saja namanya anak muda, larut dalam minuman keras, narkoba adalah hal yang sulit terhindarkan, tetapi aku masih beruntung tidak pernah terlibat kriminalitas.

Tahun 2005, aku diajak oleh seorang teman ke warnet atau warung internet, bagiku keberadaan internet asing sekali apalgi keseharianku cuma tukang cat dan kadang jadi tukang ngaduk semen, tetapi berbekal rasa penasaran yang tinggi aku ikut saja waktu itu diajak ke salah satu warnet di kota pontianak, sampai disana aku tertegun, dalam pikiranku, ” wah hebat orang-orang ini, cuma duduk saja bisa main komputer”, kemudian temanku membuka sebuah email yang katanya dia lagi mengecek kiriman surat lewat internet, lagi-lagi aku yang bodoh ini terkagum-kagum, hebat ternyata kirim surat saja tidak perlu kantor pos, cuku ke warnet, wuiih mantap.

Lalu aku minta temanku untuk mengajarkannya, namun temanku mungkin karena sibuk hanya memberi tahu sekilas saja dan semuanya tidak masuk sama sekali dalam otakku, lalu sesaat kemudian dia membuka sebuah halaman, katanya ini namanya situs pribadi, aku tambah terheran-heran, tampilannya sangat bagus ada pernak-pernik bergerak-gerak menghiasi halamanb tersebut, aku lantas minta tolong lagi untuk di ajarkan, namun jawbannya membuat aku kecawa, dia hanya berkata singkat saja ” kamu belum pantas untuk pelajari ini”. Dari ini aku mulai kesal, bagaimana tidak, minta ajarkan email saja berbelit, ini ditambah lagi aku belum pantas untuk membuat halaman tersebut yang akhirnya aku tahu itu adalah sebuah blog.

Setelah diajak ke warnet tersebut, pikiranku mulai tidak tenang, ada rasa marah, rasa kesal dan lainnya berkecamuk, mentang-mentang aku bodoh pikirku, ada terlintas dendam di hati untuk membuktikan kalau akupun bisa seperti dia membuat sebuah blog suatu saat nanti. DanĀ  suatu ketika aku diajak seorang teman yang kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di pontianak, dia mengajakku ke perpustaakan daerah, karena saat itu aku belum nemukan job bangunan, akhirnya aku ikut, dan disinilah awalnya semangat aku tumbuh, di rak-rak buku mendadak mataku tertuju pada sebuah buku pengenalan internet dan membuat email, aku meminta temanku untuk meminjam buku tersebut lewat kartu anggotanya, dan diapun mengijinkan.

Sekembalinya dari perpustakaan, aku membaca isi dari buku tersebut, aku pelajari dengan teliti, akhirnya aku putuskan untuk ke warnet, sampai di warnet, aku sama sekali tidak tahu cara membuka komputer, akhirnya aku pura pura bilang ke operator kalau komputer yang aq pakai tidak mau terbuka , padahal aslinya aku memang tidak bisa, dibantu oleh operatornya, komputer yang aku pakai akhirnya berhasil terbuka, dan mulailah aku pelajari seluk beluk internet dan membuat email langsung dari buku tersebut. singkat cerita tahun 2006 aku mulai membuat sebuah blog dari blogspot, awalnya aku hanya ,menulis seputaran kegiatan sehari-hari termasuk tulisan pengalaman waktu terjebak minuman keras dan narkoba, ( saat aku ngeblog aku sudah keluar dari masa-masa tersebut).

Awal ngeblog selain menulis aku juga mempelajari sedikit tutorial pernak pernik blog yang saat itu sedang rame, kegiatan blogging aku kerjakan disela-sela rutinitasku sebagai pekerja bangunan, dimana setiap sabtu aku sisihkan gajiku buat berselancar di dunia blogger, warnet adalah andalan utama karena aku tidak memiliki laptop ataupun komputer, jangankan laptop, motor saja tidak punya, alhasil setiap ke warnet aku jalan kaki atau numpang teman yang searah ke warnet yang letaknya cukup jauh, bhakan terkadang hujanpun rela aku terobos hanya sekedar untuk belajar memperdalam dunia blogger.

Tahun 2008, secara mengejutkan aku dihubungi oleh salah satu staf Badan Narkotika Provinsi Kalbar (BNP) lewat email, beliau mengajak bertemu di kantor BNP Polda kalbar, saat itu aku bingung ada? kenapa aku kok diminta datang? tetapi karena aku merasa tidak bersalah akhirnya aku penuhi undangan tersebut, sampai di polda kalbar aku diajak berdiskusi, ternyata BNP mendapatkan kabar informasi blog yang aku kelola lewat google dengan pencarian kata narkoba, dan pihak BNP mengajak aku untuk ikut dalam pertemuan di aula kantor gubernur bersama BNP pusat dengan tema kampanye narkoba lewat blog.

Saat tampil di acara tersebut , jujur saja deg-degan dan gemetaran, bagiamana mungkin aku yang hanya sekelas kuli bangunan bisa tampil di ruang aula gubernur ? selesai acara, aku menerima sebuah amplop, di jalan aku buka amplop tersebut dan ternyata berisi Uang !! inilah pertama kalinya aku ngeblog mendapakan hasil berupa uang, tidak tangung-tanggung, sebagai pembicara pendamping dari BNP !, selesai acara tersebut aku masih teringat kata-kata staff BNP bahwa informasi mereka dapat lewat pencarian google dengan kata narkoba dan beberpa kata lainnya, penasaran aku mengeceknya lewat google, hasilnya blogku berada di peringkat pertama !!.

Di sinilah awal mulanya aku tertarik dengan dunia search Engine Optimation atau seo danĀ  tahun 2009 aku mulai menekuninya, aku mulai bergerilya di forum-forum yang membahas soal seo, tahun 2010 aku mulai ikut kontes dan hanya puas diposisi 10 dengan hadiah 75 ribu kala itu, hasil ini semakin menguatkanku bahwa seo adalah jalan yang harus aku geluti, tahun 2011 aku mulai bisa masuk terus 10 besar kontes seo, hingga tahun 2012 dan aku berhasil membeli sebuah komputer rakitan bekas seharga 700 ribu dan itupun sebaginnya hasil berhutang, akhir tahun 2012, bapakku meninggal dunia disaat aku belum begitu berhasil dalam dunia seo.

Tahun 2013, aku memutuskan untuk berhenti menjadi kuli bangunan, dan akan fokus di dunia kompetisi, kebetulan saat itu teman seperjuanganku mengajakku bergabung untuk mengurus TKI, kerja mengurus administrasi dan ikut kompetisi aku jalani hingga 2015, tahun 2013 hingga 2016 inilah aku secara brutal mengikuti kompetisi seo hingga akhirnya blog blog yang aku kelola dengan platform blogspot harus dieksekusi permanen oleh google alias di banned total, pertengahan 2016 aku mulai banyak mendaptkan order jasa seo dari berbagai perusahaan bahkan aku berhasil mendapatkan bonus klien berupa handphone dan sebuah laptop atas kinerjaku, bermodal kemampuan dalam teknik seo inilah , akhinya aku berhasil membeli sebuah motor untuk mengganti motor jadul bekasku serta membawa emakku liburan ke jakarta, bekasi, hingga surabaya dan awal 2019 aku juga membawa emakku pulang ke kampung halamannya di madura setelah puluhan tahun belum pernah pulang ke kampungnya

Menjadi blogger adalah sebuah kesenangan atau hobby tetapi dari sebuah hobby akan mendatangkan keuntungan bagi siapa saja yang mampu menekuninya dnegan baik dan benar, yang pasti apapun metode baru yang akhir-akhir ini begitu banyak dikeluarkan oleh para blogger diindonesia baik itu dalam hal menulis mapun seo, yakinlah semua itu tetap saja akan kembali pada tutorial klasik dunia blogging, artinya dasar dari sebuah blogger adalah menulis maka menulislah sesuai dengan karatermu, dan dasar dari SEO adalah onpage atau internal dari blog tersebut maka benahilah internal blogmu terlebih dahulu maka kelak kau bakal berhasil menundukkan kerasnya persaingan dunia blogger saat ini. salam blogger !!

Catatan : tidak semuanya pengalaman ini aku ceritakan karena keterbatasan waktu, lain waktu akan kita sambung lagi

Note : Tulisan ini dibuat dalam rangka memeriahkan hari blogger nasional dari komunitas blogger pontianak

Bagikan Jika Bermanfaat :

admin

Admin Jangkar Blogger

View all posts by admin →

3 thoughts on “Berawal Dari Sebuah Dendam, Aku Menjadi Seorang Blogger

  1. Perjalanan ngeblog yang berliku-liku. Wah, ngeblog ternyata bisa menghasilkan seperti pengalaman abang di dalam tulisannya itu. Top bang. Ternyata seo dan tulisan menjadi dasar blog.

    1. yap blog itu tidak bisa di pisahkan dengan seo hanya saja banyak dari kita cuma berpikir yang penting menulis, tetapi ketika nantinya berhadapan dengan job yang menginginkan syarat tertentu yang berhubungan dengan seo barulah disitu kita sadar bahwa memang seo itu tidak bisa dipisahkan dari dunia blogger

  2. Ternyata perjalanan menjadi seorang blogger sangat panjang ya..
    Sangat terinspirasi dengan semangatnya utk bisa memahami dunia blogging..
    Tetap semangat menjadi blogger keren bang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *