Ketapang Laok Desa Yang Unik dan Menarik Di Pulau Madura

Bintangi Dong

Ketapang Laok Desa Yang Unik dan Menarik Di Pulau Madura. Pulau madura merupakan salah satu pulau yang masuk dalam wilayah provinsi jawa timur, jalur penghubung yang ada saat ini sangat terkenal dengan nama suramadu sebuah jembatan yang menghubungkan antara kota surabaya dan pulau madura. Jembatan suramadu sendiri mulai di bangun pada bulan agustus 2003 dan mulai di resmikan oleh presiden SBY kala itu sekitar bulan juni 2009. Jembatan ini menjadi pusat transportasi bagi masyarakat madura yang bekerja di kota surabaya, juga menjadi transportasi yang utama bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan serta keunikan pulau madura, salah satunya adalah sebuah desa yang bernama ketapang Laok.

 

Ketapang Laok merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan ketapang kabupaten sampang madura, desa ini cukup luas dengan 3 pintu masuk arah desa yang berbeda dengan jarak yang cukup jauh dari pinggir jalan raya ketapang, desa ketapang laok umumnya tidak berbeda dengan desa lainnya di madura, namun jika di bandingkan dengan desa di pulau jawa pada umumnya memang sedikit berbeda. Desa ketapang laok memiliki bentuk rumah yang tradisional, walaupun sebagiannya sudah ada bangunan modern tetapi sebagian masyarakatnya masih ada yang tetap mempertahankan hunian tradisional madura yang biasa disebut dengan Tanean Landjeng.

Keunikan rumah tradisonal ini adalah dimana rumah tersebut terdiri dari beberapa bangunan yang terpisah dan kadang melingkar sesuai dengan areal tanah, untuk ruang utama yang digunakan untuk tidur dibuat terpisah dengan ruanag untuk tamu dan acara kumpul keluarga yang disebut Langker, jarak antar bangunan pun berbeda beda, sesuai dnegan kebutuhan, lantas bagimana dengan dapur dan wc ? bangunan dapur dan wc juga terpisah dan menempati posisi tersendiri, sehingga susunan bangunan rumah tradisonal madura ini seperti melingkar dimana bangunan yang ada memiliki fungsi tersendiri sebagaimana rumah pada umumnya hanya dibuat terpisah dan bentuk bangunannyapun sangat unik dan menarik.

Baca Juga   Mengenal Kecanduan Gawai yang Berbahaya Bagi Kita

 

Selain rumah, hal yang menarik lainnya adalah jalan desa yang kecil dan hanya berlapis tanah liat atau tanah merah, jarak antar rumah penduduk cukup jauh sehingga jika kita berkunjung ke salah satu rumah penduduk , kita akan melewati jalan desa yang kecil dimana disekelilingnya masih ditumbuhi pohon-pohon tinggi  dan rumput ilalang, memang agak membuat rasa takut jika kita melewati jalan-jalan desa ketapang laok apalagi jika malam hari nyaris jarang kita temui jalan setapak yang memiliki penerangan jalan, tetapi jika kita telusuri jalan -jaln sepanjang desa khususnya pagi siang atau sore hari, kita bisa menikmati keindahan suasana alam desa yang benar-benar masih murni dengan hawa udara pegunungan yang dingin menyegarkan.

 

Masyarakat desa ketapang laok sebagian besar merupakan petani ladang, daerah desa yang memang sulit di aliri air ini tidak memiliki sawah tetapi masyarakat berkebun dengan menanam umbi umbian seperti jagung, ubi kayu, dan lainnya, sebagain lagi ada juga masyarkat yang memanfaatkan lahan dengan menanam pohon jati, berkunjung ke desa ketapang laok membuat kita seperti terlepas dari beban dan larut dengan suasana keindahan alam yang segar di pulau madura.

Bintangin yuk

Bagikan Jika Bermanfaat :

3 thoughts on “Ketapang Laok Desa Yang Unik dan Menarik Di Pulau Madura

    1. amiin,, ke madura tidak lah sulit jika kita sudah di surabaya mba ega,, karena dari surabaya mau ke madura sudah cukup mudah dengan hadirnya jembatan suramadu, lebih singkat dalam perjalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *