Mengenal Kecanduan Gawai yang Berbahaya Bagi Kita

Bagikan Jika Bermanfaat :

Mengenal Kecanduan Gawai yang Berbahaya Bagi Kita. Di era yang modern ini kita sudah tak asing lagi jika bertemu dengan alat alat atau teknologi yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Smartphone menjadi salah satu contoh teknologi yang sangat dekat dengan kehidupan kita dan hampir semua orang baik itu laki-laki ataupun perempuan sudah memiliki smartphone sendiri, ntah itu orang tua, dewasa, remaja, bahkan bayi lima tahun juga sudah memiliki smartphone dan akun media sosial miliknya sendiri. Dengan menggunakan smartphone memang banyak aktivitas yang bisa kita lakukan dari benda ramping berbentuk persegi panjang yang mudah di bawa kemana-mana ini.

Seperti contohnya saatini kita sudah tak asing menggunakan jasa antar jemput yang bisa kita akses secara online setelah membuka smartphone milik kita. Berbelanja dan membayar tagihan kebutuhan bulanan dan rumah lainnya seperti membayar tagihan BPJS, pembayaran listrik dan lainnya bisa di lakukan lewat smartphone. Meskipun pada dasarnya smartphone merupakan alat untuk membantu komunikasi, namun smarthpone juga dapat menimbulkan kebiasaan yang disebut kecanduan gawai.

Mungkin saat ini masih banyak yang belum mengenal atau mengetahui pengertian kecanduan gawai itu apa. Namun tanpa disadari banyak orang di sekitar kita ataupun kita sendiri yang beresiko besar mengalami kecanduan gawai. Dalam artikel kali ini mengajak para pembaca untuk mengenal apa itu kecanduan gawai?.

Kecanduan gawai artinya seseorang menghabiskan banyak waktu hanya untuk bermain alat-alat teknologi seperti smarthphone dan laptop serta merasa tidak berdaya dan gelisah jika mereka tidak memegang kedua benda tersebut. Nah beberapa hal tersebut memang merupakan gejala kecanduan gawai yang sangat mudah untuk di perhatikan. Beberapa orang yang mengalami kecanduan gawai akan menjadi pribadi yang anti sosial juga

Baca Juga   Ketapang Laok Desa Yang Unik dan Menarik Di Pulau Madura

mengalami penurunan fungsi pribadi juga menurun seperti produktivitas baik itu dalam bidang pekerjaan ataupun akademk yang menyebabkan kita harus waspada kecanduan gawai karna dampak negatif kecanduan gawai yang ditimbulkan sangat tidak baik bagi kehidupan sehari-hari, kesehatan dan lainnya.

Kecanduan gawai dapat terjadi pada semua kalangan dan umur bahkan kecanduan gawai pada anak juga bukan hal yang mustahil untuk terjadi. Hal ini sama seperti yang telah di sampaikan pada paragraf awal di artikel ini bahwa hampir semua orang memiliki gawai atau smarthphone milik pribadi. Penyebab kecanduan gawai bisa di sebabka oleh berbagai penyebab bisa jadi karna kecanduan bermain game yang ada pada smarthphone, bisa jadi juga muncul akibat keseringan mengecek handphone di saat bosan, baru pertama kali menggunakan smarthphone dan masih banyak lagi penyebab lainnya yang mana tiap orang memiliki perbedaan penyebab munculnya kecanduan gawai. Sebagai contoh yang menyebabkan kecanduan gawai pada beberapa orang yang gemar bermain game, akan ada hormon yang meningkat bernama neurotransmitter dopamine hal ini akan menimbulkan rasa senang. Pada normalnya dopamine tersedia dalam kadar rendah dan manusia akan otomatis mencari kegiatan yang meningkatkan hormon dopamin tanpa di sadari.

Cara mengatasi kecanduan gawai adalah dengan memberi batasan terhadap penggunaan smarthphone sedikit demi sedikit baik itu batasan pada anak-anak atau malah diri kita sendiri. Selain itu menentukan kegiatan yang dapat kita lakukan tanpa menggunakan handphone juga sangat penting di lakukan untuk mengurangi rasa kecanduan terhadap smarthphone yang kita gunakan.

Nah bagaimana? Apakah ada keinginan terlepas dari kebergantungan aktivitas kita dengan smarthphone atau laptop atau gawai lainnya? Mari hidup sehat dengan menggunakan smarthphone seperlunya saja. Dengan ini maka artikel tentang mengenal kecanduan gawai selesai. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Baca Juga   Luncurkan Jilbab Instan untuk Pipi Tembem, Marbi Tawarkan Jilbab Syari dengan Kualitas Terjamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *